Pemerintah Daerah Dukung Penuh Langkah Efisiensi PT.NHM

HALMAHERA UTARA, Sibermalut.com - Langkah efisiensi yang dilakukan PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) yang mengelola Tambang Emas Gosowong di Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Provinsi Maluku Utara (Malut) mendapatkan dukungan penuh dari para pemangku kepentingan, terutama Pemerintah Daerah (Pemda) setempat. 

Hal ini disampaikan saat kunjungan Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) ke Tambang Emas Gosowong, Sabtu, (4/5/2024) pekan lalu.

Tim Forkopimda yang hadir antara lain Bupati Halmahera Utara, Ir. Frans Manery, Sekretaris Pemda Erasmus Josep Papilaya, Kapolres Halut AKBP Zulfikar Iskandar, Dandim Tobelo 1508 diwakili Kasdim Mayor Inf. Rusmin Nuryadin, Ketua DPRD Halmahera Utara Janlis Kitong dan Wakil Ketua DPRD Inggrid Paparang, Wakil Ketua DPRD Samsul Bahri, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Ir. Jeffry Rudi Hoata dan Kepala Kejaksaan Negeri Tobelo M. Ahsan Tamrin.

Sementara itu, pihak PTNHM diwakili oleh Wakil Presiden Direktur NHM, Amiruddin Hasyim, Perwakilan Manajemen NHM, Badan Serikat, serta Tim Kinerja Sosial & Urusan Regiona (KS UR) 

Wadir, Amirudin mengatakan, Pertemuan tersebut bertujuan menjalin komunikasi yang utuh dan meminta nasehat dari pemerintah sebagai penasehat bagi NHM serta membangun silaturahmi dengan para pemangku kepentingan.

 “Kami selalu membutuhkan dukungan dari pemerintah sehingga dapat memberikan rasa aman dan nyaman dalam melaksanakan proses efisiensi dan pemulihan. 

Menurutnya, hal tersebut sangat dibutuhkan baik untuk operasional maupun hubungan baik dengan masyarakat.

"Maka dalam proses tersebut NHM akan menjamin keterbukaan informasi dan perkembangan dari proses efisiensi ini,” ujar Amiruddin.

Di kesempatan itu, Bupati Halut, Frans Manery mengapresiasi NHM yang mengundang Forum tersebut yang lengkap kehadiran semua anggota dari legislatif dan eksekutif. 

"Terkait permasalahan saat ini yang dihadapi, pihak Manajemen NHM-lah yang paling memahami kondisi ini, Hanya pihak Perusahaan yang dapat memutuskan yang terbaik kami pemerintah memberikan nasehat, tapi tidak perlu intervensi terlalu jauh, dan memberikan keleluasaan kepada Perusahaan untuk dapat mengatur dan mengelola yang terbaik," jelsa Frans Maneri 

Bupati dua periode itu juga mengharapkan keterbukaan dan komunikasi setiap permasalahan yang ada disini sehingga dapat menyampaikan ke masyarakat. 

"Komunikasi dengan pemerintah daerah sangat dibutuhkan untuk keberlanjutan perusahaan, dan apapun yang diputuskan NHM yang terpenting adalah Perusahaan tetap hidup dan memberi manfaat bagi masyarakat. ” ujar Frans.

Selain itu, Ketua DPRD Halut, Janlis Kitong juga menyampaikan hal senada, bahwa komunikasi antara NHM dan Pemerintah Daerah sangat penting untuk bisa menjadi jembatan komunikasi ke
masyarakat. 

“Kehadiran NHM tentu untuk keberlangsungan Halmahera Utara juga, jadi kami pastikan dukungan penuh,” ujarnya.

Terpisah, Kapolres Halut AKBP Zulfikar Iskandar juga menyatakan siap mengawal seluruh proses
efisiensi agar tetap bisa menjaga kondisi yang aman dan kondusif, Baik untuk Perusahaan,
mau pun masyarakat terutama di lingkar tambang. 

“Keamanan dan ketertiban masyarakat perlu
kita jaga bersama, kami mengharapkan masyarakat bisa membantu mendukung upaya NHM untuk pemulihan dan tidak menimbulkan kerusuhan atau provokasi,  Kami juga perlu NHM untuk mengkomunikasikan kepada Kapolres setiap perkembangan kebijakan untuk memperketat
keamanan, Sebab, dikhawatirkan akan terjadi pemanfaatan momentum yang kurang baik
terutama jelang Pilkada,” terangnya mengakhiri. (SM) 

0 Komentar

Banner IDwebhost
Banner IDwebhost